SEKOLAH SAHABAT LINGKUNGAN

16 04 2013

Setiap tamu yang datang berkunjung ke SMAN Plus Provinsi Riau selalu berkomentar, luas sekali sekolahnya, tanamannya juga rindang, sekolah berwawasan lingkungan ? Sebagian masyarakat menilai sekolah yang banyak ditanami pohon  rindang, banyak bunga-bunga identik dengan sekolah berwawasan lingkungan atau Adiwiyata. Tapi sesungguhnya kerindangan hanyalah sebagain kecil dari kriteria Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan (Adiwiyata).

Gambar

Kementerian Lingkungan Hidup melaksanakan program Adiwiyata untuk sekolah-sekolah, dengan menetapkan empat indikator yaitu, 1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan, 2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan, 3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif, 4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan.

Untuk memenuhi keempat indikator harus melibatkan seluruh warga sekolah dan perlu dibentuk team sekolah dari tenaga pendidik dan peserta didik. Program sekolah Adiwiyata ini dapat dijadikan salah satu cara yang efektif untuk mengajak warga sekolah terlibat langsung dan kegiatan sekolah yang mendukung ketercapaian indikator Adiwiyata yang berkelanjutan dapat membangun dan mengembangkan perilaku  peduli dan berbudaya lingkungan.

Modal utama yang harus dimiliki setiap warga sekolah adalah sikap dan keinginan untuk melakukan dan berbuat sesuai pedoman Adiwiyata.

Gambar

Gambar

 

 

 

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: